Monday 15 August 2016

Tahun 2020 Cimahi menargetkan Jalan raya baik

Pada tahun 2020, Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi menargetkan tidak ada lagi paket perbaikan jalan. Sebab seluruh jalan di Cimahi akan dibetonisasi hingga daya tahannya lebih lama.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi Ainul Yakin, Senin (15/8/2016) menuturkan, selama ini tiap tahun pihaknya mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan baik, dengan cara betonisasi atau aspal. Namun dari segi kekuatan, pengerjaan dengan betonisasi hasilnya lebih bagus.

Menurut Ainul, kendala di lapangan, jika betonisasi banyak warga yang protes saat dilakukan penutupan sebagian jalan untuk dibeton.
"Untuk betonisasi pengerjaannya dan kekuatannya lebih lama. Tapi warga banyak yang tidak sabaran dan merasa terganggu ketika jalan sedang dibeton," ujarnya.

Lebihlanjut Ainul menuturkan,  dari 120 Km jalan di Cimahi, jalan yang kondisi rusak tinggal 20 persen. Kebanyakanan jalan yang rusak berda di Melong, Cimahi Selatan.
"Kebanyakan di Cimahi Selatan, tapi akan dieksekusi tahun ini," ujarnya.

Dituturkan ainul, untuk kondisi jalan memang tidak bisa 100 persen bagus. Sebab ketika jalan yang satu diperbaiki, jalan lain rusak.
"Yang namanya perbaikan jalan tidak akan bisa 100% mulus. Sebab ketika satu ruas jalan diperbaiki, ruas jalan yang diperbaiki akan rusak kembali karena tingginya tonase dan usia jalan yang telah diperbaiki," ujarnya.

Dituturkan Ainul, mayoritas penyebab kerusakan jalan adalah drainase yang seringkali tidak berfungsi optimal. Hal ini terkait pola hidup masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

No comments:

Post a Comment