Sunday 14 July 2013

3 Sekolah di cimahi peraih ECO SCHOOL

Tiga sekolah masing-masing tingkat SD, SMP, dan SMA berhasil mendapat predikat sekolah terbaik I pada lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan (Eco School) 2013 tingkat Kota Cimahi. Kegiatan tersebut sebagai upaya pembangunan sekolah berbasis lingkungan.

Ketiga sekolah peraih juara utama tersebut adalah SD Negeri Baros Mandiri I untuk kategori SD dan sederajat, SMP Negeri 6 untuk kategori SMP, dan SMA Santa Maria 3 untuk kategori SMA sederajat.

Menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi, Untung Udianto, S.H. di Pemkot Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Jumat (12/7), masing-masing tingkatan juga meraih dua katagori lainnya yaitu terbaik II dan III.

Untuk kategori SD, lanjutnya, terbaik II diraih SD Negeri Cimahi Mandiri 5 dan terbaik III diraih oleh SD Negeri Karang Mekar Mandiri I. Berikutnya untuk kategori SMP dan sederajat, terbaik II diraih SMP Negeri 5, serta terbaik III disabet oleh SMP Negeri 4. Sedangkan untuk kategori SMA dan sederajat, terbaik II diraih Madrasah Aliah Negeri (MAN) Cimahi, dan terbaik III oleh SMA Negeri I Cimahi.

Menurut Untung, lomba tersebut sengaja diadakan sebagai upaya menanamkan kepedulian lingkungan bagi siswa maupun kalangan guru dan pengelola sekolah. Selain itu, lanjutnya, dengan kegiatan tersebut diharapkan tercipta lingkungan yang hijau dan asri serta sehat.

"Ini sebetulnya bagian dari pendidikan juga, yaitu pendidikan lingkungan secara nyata. Karena para siswa dilibatkan seperti untuk menanam pohon, dan membersihkan serta membuang sampah yang benar," papar Untung.

Ditambahkan Untung, untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan perlu pembiasaan sejak dini, yaitu mulai dari usia sekolah. Diakuinya, perilaku tidah ramah lingkungan seperti buang sampah sembarangan ke sungai, masih terjadi di masyarakat. "Di sinilah pentingnya penyadaran akan rasa peduli lingkungan yang harus ditanamkan sedini mungkin," pungkas Untung.

No comments:

Post a Comment