Saturday 8 June 2013

Tujuh pengendara tewas

Dalam rangka mewujudkan keselamatan dan kelancaran dalam berlalu lintas, jajaran petugas Polres Cimahi menggelar Operasi Simpatik Lodaya 2013 sejak awal Mei hingga 27 Mei lalu. Dalam pelaksanaan operasi simpatik tersebut, petugas berhasil menjaring sebanyak 641 unit kendaraan. Mereka umumnya kena tilang dengan pelanggaran beragam seperti tidak memiliki surat-surat kendaraan, dan sebanyak 5.261 pengendara mendapatkan teguran simpatik.

"Operasi ini kita gelar di wilayah hukum Polres Cimahi yang mencakup Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB)," ungkap Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Irwansyah di Mapolres Cimahi, Jln. Raya Cibabat Cimahi, Jumat (7/6).

Selain itu, lanjut Irwansyah, selama dilakukannya Operasi Simpatik Lodaya tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas (lalin) sebanyak 19 kejadian. Dari kejadian tersebut, tercatat sebanyak 7 orang meninggal dunia.

"Selain itu, akibat 19 kejadian kecelakaan tersebut sebanyak 6 orang mengalami luka berat, dan 18 orang lainnya menderita luka ringan," terang Irwansyah sambil menambahkan, akibat kecelakaan itupun menimbulkan kerugian materi sekitar Rp 155 juta.

Irwansyah juga menambahkan, selama menjalankan operasi simpatik pihaknya melakukan tindakan preventif dalam bentuk pengaturan lalu lintas sebanyak 2.072 kali, dan upaya penjagaan sebanyak 1.980 kali, serta melakukan patroli sebanyak 1.980 kali.

Dikatakan Irwansyah, kegiatan Operasi Simpatik tersebut sebagai bagian dari sosialisasi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2009. Selain itu, lanjutnya, kegiatan itupun dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Cimahi.

"Kemudian yang tak kalah pentingnya, melalui operasi simpatik tersebut kami juga ingin mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, meningkatkan kesadaran serta kepatuhan dan disiplin dalam berlalu lintas," papar Irwansyah. Tanggapan warga

Menanggapi dengan adanya kegiatan Operasi Simpatik Lodaya yang digelar Polres Cimahi, umumnya masyarakat memberikan dukungan. Karena dengan digelarnya operasi, tingkat disiplin berlalu lintas diharapkan bisa meningkat.

"Bila disiplin berlalu lintas masyarakat sudah baik, secara otomatis bisa mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," pendapat Yadi salah seorang pengendara sepeda motor di Jalan Raya Cibabat.

Yadi berharap, petugas juga bisa bertindak tegas terhadap pelanggar aturan lalu lintas. "Artinya bila ada yang melanggar, tindaklah sesuai jenis pelanggarannya.

No comments:

Post a Comment