Monday 10 June 2013

Perbaikan jalan di bandung barat molor

Sebanyak 15 paket dari 22 paket lelang perbaikan jalan di Dinas Bina Marga dan Pengairan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah tuntas digelar, sementara sisanya yang 7 paket lagi gagal dalam proses lelang sehingga terpaksa harus dilakukan lelang ulang. Kenyataan itu dikhawatirkan akan berdampak kepada molornya target perbaikan beberapa ruas jalan kabupaten di wilayah KBB. Pemkab Bandung Barat sebelumnya menargetkan perbaikan jalan tersebut bisa tuntas sebelum Lebaran nanti, sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pemudik. 

"Memang ada tujuh paket yang gagal tender, sehingga harus diulang lagi. Sementara 15 paket lelang yang pemenangnya sudah ada, bisa langsung mengerjakan perbaikan jalan," tutur Kepala Bidang Pembangunan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga dan Pengairan KBB, L.M. Arummawati di Batujajar, Senin (10/6).

Arum menjelaskan, bahwa gagalnya 7 paket lelang tersebut bukan disebabkan tidak adanya peserta lelang, tapi karena faktor teknis saja. Seperti kesalahan administrasi pada dokumen kontrak, ketidaksesuaian material bahan baku dengan material yang diminta, dan kesalahan penawaran. Karena itu pihaknya sudah menginstruksikan untuk segera dilakukan lelang ulang, sebab bila dibiarkan berlarut-larut bisa menghambat proses perbaikan jalan yang awalnya dilakukan secara serempak.

"Bukan karena tidak ada peserta lelangnya, tetapi karena ada kesalahan administrasi saja. Makanya harus diadakan lelang ulang," ujarnya.

Lebih lanjut Arum menuturkan, proses pelelangan ulang akan berbarengan dengan tujuh paket perbaikan jalan bantuan Gubernur Jawa Barat, sehingga totalnya ada 14 paket lelang ulang.

Ditambahkan, ketujuh paket bantuan dari Gubernur Jabar tersebut merupakan usulan di tahun 2012, namun baru direalisasikan tahun ini. "Tujuh paket bantuan dari gubernur tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp 8,3 miliar. Namun, proyeknya hanya untuk bagian konstruksi," jelasnya. 

Masih kata Arum, ruas jalan yang diperbaiki yakni jalur Tugulaksana-Pagerwangi, Cihampelas-Tanjungjaya, Pasir Tengah-Situwangi, Citapen-Ciraden, Purabaya-Jati, Parongpong-Lembang, dan Padalarang-Cisarua.

"Saat ini sisa 7 paket perbaikan jalan yang gagal lelang disatukan dengan tujuh paket bantuan dari Gubernur Jabar, sehingga totalnya ada 14 paket lelang.

Sementara untuk 15 paket perbaikan jalan yang sudah melalui proses lelang dan sudah ada pemenangnya, lanjutnya, yaitu berupa pemeliharaan jalan-jalan yang sudah ada di KBB. "Intinya semua paket yang sudah dilelangkan merupakan pemeliharaan jalan kabupaten yang ada di wilayah utara dan selatan.

No comments:

Post a Comment