Saturday 22 June 2013

Hasil Penghitungan Cepat PilWalkot Bandung

Dalam Pilkada Bandung ini masing-masing kandidat perlu mengumpulkan minimal 30% suara dan menempati peringkat teratas agar dapat menang.  Merujuk hasil survey yang digelar sepekan jelang pemungutan suara, RK - Oded untuk sementara masih unggul dalam hal elektabilitas. Dengan elektabilitas sebesar 35,27%, RIDO pada dasarnya berpeluang memenangkan Pilkada cukup satu putaran.
Namun keunggulan tersebut tidak mutlak sebab masih ada 30,20% responden yang belum menentukan pilihan. Kelompok ini dinamakan swing voters dan dapat sewaktu-waktu mengubah hasil Pilkada. Sehingga masih sangat mungkin jika RK-Oded tersusul atau Pilkada terjadi dua putaran.
Meski peluang putaran kedua tetap terbuka, namun sebenarnya warga Bandung menginginkan Pilkada hanya berlangsung satu putaran saja. Hal ini tercermin dari hasil survey dimana % responden mengaku tidak bersedia jika Pilkada berlangsung dua putaran.
Jika kemudian tidak yang melebihi 30% toh putaran kedua tetap harus digelar. Akan tetapi, lebih dari 50% responden mengaku tidak akan mengubah pilihannya. Hal ini tentu merupakan angin segar bagi kandidat yang lebih diunggulkan.
Untuk memastikan hasl tersebut, INSTRAT juga melakukan survey dengan mensimulasikan posisi ketika putaran kedua harus berlangsung. Dua tiga pasangan yang memiliki peluang besar dan masing-masing dikompetisikan secara head to head.
Dari hasil simulasi head to head tersebut dapat diliat bahwa ternyata responded tetap lebih memilih candidate Ridwan Kamil - Oded M Danial sebagai capon Walikota dengan keunggulan yang cukup jauh. Keunggulan tersebut dapat dilihat baik ketika RIDO dihadapkan dengan AYINANI maupun ESWAN. Sedangkan jika yang maju ke putaran kedua adalah ESWAN dan AYINANI keduanya memiliki peluang yang cukup sama, meski ESWAN dapat unggul tipis.
Dengan melihat data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa peluang RIDO masih tetap lebih besar untuk memenangkan Pilkada Kota Bandung. Tinggal waktu yang akan menjawab prediksi tersebut. Apakah RIDO berhasil mengamankan keunggulannya sampai detik terakhir pemungutan suara, ataukah kandidat lain mampu menyalip di tikungan terakhir. Warga Bandung akan menjadi penentu di tanggal 23 Juni 2013.
Tamat - nantikan tulisan selanjutnya setelah Pemungutan Suara 23 Juni 2013
Tulisan Sebelumnya :
Bandung Mencari Walikota Kelas Dunia
Mengukur Keberhasilan Kampanye
Ridwan Kamil - Oded Disukai karena Dinilai Paling Bersih
Unjuk Kesolidan PKS dan Gerindra

No comments:

Post a Comment