Monday 3 June 2013

Gunung papandayan masih siaga satu

Meskiakhir-akhiriniaktivitas kegempaan Gunung Papandayan cenderung menurun,namun PusatVulkanologiMitigasi Bencana Geologi(PVMBG) belum menurunkan statusnya.Gunung berapiyang sempatmeletus pada tahun 2004itu tetap berstatus siaga,belum dikembalikan ke waspada.

Halitu sebagaimana disampaikan petugas pos pemantau Gunung Papandayan,Tresno. Menurutnya,penurunan aktivitas kegempaan Gunung Papandayan terjadisejakKamis (23/5) lalu.

Menurutnya aktivitas kegempaan tektonikdan vulkanikinidiperkirakan dapatmenjadidasar penurunan status gunung inidarisiaga menjadi waspada."Namun saatinikamibelum bisa menurunkan statusnya,sebelum melakukan evaluasisupaya bisa mengambilkeputusan yang lebih teliti,"jelas Tresno saatditemuidipos pemantauan,Senin (3/6).

Dikatakan,menurutdata kegempaan yang terekam pada seismografsejakSenin (3/6) pukul00.00-12.00WIBterjadi3kaligempa tektonikjauh,1kali gempa tektoniklokal,4kaligempa vulkanikB,dan 2 kaligempa vulkanikA.Angka tersebutjauh lebih rendah dibanding jumlah kegempaan awalMei 2013yang mencapai20hingga ratusan kaligempa.

Namun secara visual,tidakterjadiperubahan berartipada kawasan kawah gunung ini.Suhu kawah hanya mencapai228derajatCelsius atau berada pada suhu normal.Bahkan disekitarkawah juga tidakterjadigempa dan longsor.Untuk mendapatrekaman gempa yang lebih rinci,PVMBG telah memasang tiga alattambahan pendeteksi seismikatau aktivitas gempa dikawasan Gunung Papandayan.

Tiga alatseismikitu dipasang dikawasan Cileuleuy, Tegalpanjang,dan Nangklak.Sebelumnya,PVMBG hanya memilikidua alatseismikdiGunung Papandayan.Keduanya dipasang diBukitWalirang dan BukitMaung sebagaialatpendeteksiaktivitas gunung yang hasilnya tercatatpada seismografdi pos pemantauan.

"Secara visual,aktivitas Gunung Papandayan pun dipantau melaluiCCTV.Kesiagaan juga dilakukan dengan cara mengaktifkan alatkomunikasiHT. Dengan demikian,aktivitas gunung dapat terpantau dan diketahuidengan cepatmelalui laporan petugas.Selain itu,berbagaijenis alat pendeteksiaktivitas Gunung Papandayan seperti alatgeokimia dan geofisika.

No comments:

Post a Comment