Tuesday 3 September 2013

Warga Keluhkan Jalan Rusak

Warga Kampung Lebaksaat khususnya yang berada di lingkungan RT 03/RW 18 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, mengeluhkan kondisi jalan yang rusak sekitar sepanjang sekitar 500 meter. Warga meminta Pemkot Cimahi segera melakukan perbaikan ruas jalan yang dinilai vital tersebut.

Salah seorang warga, M. Sugi (54) mengatakan, banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan tersebut. Karena sejak beberapa tahun terakhir, jalan dibiarkan rusak. Apalagi pada musim hujan seperti sekarang, kondisinya semakin parah.

"Jalan di Kampung Lebaksaat ini sejak beberapa tahun terakhir belum ada perbaikan, meski warga melalui pengurus RT/RW telah mengajukan perbaikan kepada pemkot," ungkap Sugi, Selasa (29/1).

Dikatakannya , kondisi seperti itu selain mengurangi kenyamanan, juga menghambat aktivitas ekonomi warga setempat. Pasalnya, fungsi jalan tersebut cukup vital khususnya bagi warga RT 03/RW 18 dan sekitarnya.

Hal itu menurutnya, mengingat jalan tersebut selain untuk keperluan berkendaraan, juga sebagai fasilitas jalan untuk angkutan hasil pertanian maupun kegiatan ekonomi rumahan warga. "Karena itulah kami meohon kepada pekot agar segera melakukan perbaikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi warga," pintanya.

Dikatakan Sugi, mengingat saatnya musim penghujan, di sekitar ruas jalan rusak tersebut rawan terjadinya kecelakaan terutama bagi pengendara roda dua. "Bila turun hujan, jalan rusak tidak terlihat karena tergenang air sehingga kerap terjadi kecelekaan," keluhnya. 

Sugi menambahkan, dengan kondisi jalan seperti itu, tak sedikit para pengendara yang terjatuh sebab selain jalan berbatu juga permukaannya tidak rata."Kami berharap pemkot dapat melakukan pembenahan, sebab pengajuan telah dilakukan sekitar dua tahun lalu," ujar Sugi.

Anggota Komisi II DPRD Kota Cimahi, Supiyardi mengatakan, jalan rusak sudah selayaknya segera dibenahi oleh pemerintah kota. Hal itu selain untuk memberikan pelayanan fasilitas jalan dan kenyamanan berkendaraan bagi warga setempat, juga untuk mendukung pertumbuhan perekonomian.

"Kerusakan jalan, baik di jalan utama maupun jalan lingkungan, perlu perhatian pemkot secara merata dan menyeluruh. Jalan adalah modal awal bagi perkonomian warga. Perekonomian bagus akan meningkatkan daya beli masyarakat. Karena dengan jalan bagus, akan membantu usaha lebih cepat dan efesien," paparnya.

Selain itu, lanjutnya, Kota Cimahi sudah beberapa kali mendapatkan piagam penghargaan seperti Piala Adipura. Karena itu sangat disayangkan jika jalannya rusak. Menurutnya, APBD Cimahi harus memberikan prioritas kepada infrastruktur. Begitu juga dinas terkait harus lebih memberikan perhatian lebih dalam rangka memperlancar perekonomian masyarakat.

No comments:

Post a Comment