Tuesday 3 September 2013

WALAUPUN BERDESAKAN WARGA RELA ANTRI MENGAMBIL BLSM

Ribuan warga Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi menyerbu Kantor Pos Cabang Cisangkan di Jln. Sangkuriang, Senin (2/9). Mereka rela antre berjam-jam untuk mencairkan uang Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap 2. Meski pemberitahuannya mendadak, tak membuat warga menunda pencairan. Begitu ada pemberitahuan dari RT, mereka langsung mendatangi kantor pos. 

Berdasarkan pantauan "GM" di Kantor Pos Cabang Cimahi, Jln. Baros, antrean warga dari Kel. Cibabat baru terlihat sekitar pukul 10.00 WIB. Sedangkan di Kantor Pos Cabang Cisangkan, warga Cipageran langsung tumplek ketika kantor pos baru buka sekitar pukul 08.00 WIB. Situasi ini tampak berbeda saat pengambilan BLSM tahap pertama pada awal Juli lalu. Ketika itu warga penerima BLSM sudah mengantre sejak pukul 05.00 pagi.

Salah seorang warga, Suarsih (65) warga Cibabat RT 04/RW 03 mengaku baru tahu hari itu juga kalau ada pencairan BLSM tahap dua. "Saya diberitahu tadi pagi oleh Pak RT yang mengabarkan ada pencairan dana BLSM. Karena itulah saya langsung datang ke kantor pos," ujarnya.

Suarsih mengaku, dirinya sangat membutuhkan uang sebesar Rp 300.000 itu untuk makan sehari-hari. Apalagi suaminya yang berprofesi sebagai kusir delman, saat ini terkadang tak bisa narik karena sudah sering sakit-sakitan. "Alhamdulillah aya kanggo tuang sadidinten," katanya.

Berbeda dengan Suarsih yang diberitahu mendadak dari pengurus RT, warga Cipageran justru sudah mengetahui sejak Sabtu (31/8). Salah seorang penerima BLSM, Asep (45) mengaku lebih cepat menutup lapak sayurannya di pasar karena akan pergi mengantre untuk pencairan BLSM. "Tadi pagi saya cepat beres-beres dagang, karena harus langsung ke kantor pos," aku pedagang sayuran ini.

*Dua hari*

Kepala Kantor Pos Cabang Cimahi, Mony Sulistioso menyampaikan, pencairan BLSM tahap 2 berlangsung selama dua hari. Selain di Kantor Pos Cisangkan dan Kantor Pos Cimahi, pembagian serupa juga dilakukan di Kantor Pos Melong. Adapun jadwal pada Selasa (3/9), yaitu di Kel. Citeureup (Kantor Pos Cisangkan), Kel. Setiamanah dan Kel. Cimahi (Kantor Pos Cimahi) serta Kel. Pasirkaliki dan Kel. Cibeureum (Kantor Pos Cimindi). "Cara pencairannya tidak ada perbedaan dengan teknik pembayaran pada tahap pertama," tambahnya.

Mony mengaku, pada pencairan BLSM tahap 2 tersebut, antrean warga baru terjadi mulai pukul 09.00 WIB. "Kalau pada pencairan tahap pertama, warga sudah datang sejak pukul 05.00 pagi. Tapi sekarang, antrean warga baru terlihat di atas pukul 09.00 WIB. Tidak sedikit juga warga yang baru tahu ada pencairan BLSM, padahal kami sudah beritahukan kepada pihak kelurahan itu pada Sabtu dan Minggu kemarin," jelasnya.

Setelah dua hari pencairan, pihaknya akan melakukan p encairan bagi warga yang belum mengambil yaitu pada Senin (9/9). "Untuk tanggal 4 September, kami konsentrasi dulu pada pelayanan pensiunan. Sehingga sisa warga yang belum menerima BLSM, baru bisa dicairkan pada 9 September nanti," tutur Mony seraya menambahkan, jumlah penerima BLSM di Cimahi totalnya sebanyak 18.934 orang.

No comments:

Post a Comment