Sunday 1 September 2013

CIMAHI MASIH BERUPAYA TERMINAL TERPADU

Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya memenuhi harapannya memiliki sebuah terminal terpadu. Sebab hingga saat ini Kota Cimahi masih mengandalkan dua terminal sementara, yaitu Pasar Atas dan Pasar Antri. Keberadaan terminal terpadu diharapkan bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi.

Kepala Bidang Angkutan Umum Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Handiman membenarkan jika hingga saat ini Cimahi belum memiliki terminal terpadu yang layak. "Terminal di Pasar Antri dan Pasar Atas itu bukanlah terminal yang sebenarnya," kata Handiman saat ditemui di Kantor Kecamatan Cimahi Selatan, Jln. Baros, belum lama ini.

Bahkan, katanya, kedua terminal tersebut pun tidak layak dikategorikan terminal tipe C. Namun, untuk membangun sebuah terminal terpadu, Pemkot Cimahi menghadapi beberapa faktor yang menjadi hambatan. Salah satunya keterbatasan lahan. 

"Kalau kajian pembangunan terminal milik Kota Cimahi sudah ada sejak lama. Tapi itu tadi, terkendala ketersediaan lahan dan dana," katanya.

Dikatakan Handiman, terminal di Pasar Antri, status lahannya masih kontrak. Setiap dua tahun, katanya, Pemkot Cimahi harus memperpanjang kontrak sewa lahan kepada pihak TNI AD.

Dikatakannya, kebutuhan terminal terpadu karena saat ini jumlah angkutan kota di Cimahi secara keseluruhan sudah mencapai 5.500 unit. Ia mengatakan, beberapa alternatif yang sudah dijajaki untuk lokasi terminal terpadu antara lain dekat pintu Tol Baros, lahan di wilayah Leuwigajah dekat Cipatik, dan di Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan.

*DPRD setuju*

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Kota Cimahi, Santosa Anto mengatakan, belum hadirnya terminal di Cimahi sebenarnya telah menjadi bahasan sejak lama. Bahkan, katanya, kajian pembangunannya sudah masuk dalam perencanaan sejak 2004. Namun wacana tersebut menguap begitu saja.

Ia mengungkapkan, terkait persetujuan pembangunan terminal terpadu di Cimahi, DPRD tidak memiliki kendala. Jika memang diajukan, katanya, DPRD pasti menyetujui dan akan mengetukkan palu.

Ditambahkannya, Dishub Kota Cimahi sebenarnya sudah mengajukan pembangunan terminal terpadu. Namun, ia menilai, upaya Pemkot Cimahi belum maksimal. Anto mengakui, Pemkot Cimahi memang terkendala ketersediaan lahan untuk pembangunan terminal terpadu itu.

No comments:

Post a Comment