Friday 30 August 2013

Rawan Curanmor,Satpol Pp Benahi Tempat Parkir Di Cimahi

Untuk menghindari pencurian kendaraan bermotor, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi, mulai Kamis (29/8) memasang empat papan pengumuman di area parkir sepeda motor. Plang tersebut bertuliskan "Gunakan Kunci Ganda" dan "Parkir Khusus Tamu".

Tulisan tersebut setidaknya mengingatkan kepada pemilik sepeda motor agar selalu menggunakan kunci ganda. Selain itu, para tamu pemkot diharapkan memarkir kendaraannya di area yang telah disediakan sehingga tidak sembarangan mamarkir motor.

Pemasangan plang tersebut menyusul adanya laporan kehilangan sepeda motor, baru-baru ini. Bahkan seorang wartawan "GM", Deni Kusmawan juga pernah menjadi korban pencurian sepeda motor.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional (Kasi Dalops) Satpol PP Kota Cimahi, Deddy Gunadi menyampaikan, untuk menghindari dan mengantisipasi pencurian harus ada penataan parkir bagi kendaraan yang keluar maupun masuk.

"Sebelum ada penataan parkir, kami berinisiatif membuat plang seperti ini agar parkir kendaraan para tamu pemkot lebih tertata. Mereka juga diingatkan untuk memasang kunci ganda," katanya kepada wartawan, Kamis (29/8).

Ia mengungkapkan, kasus kehilangan sepeda motor bisa juga disebabkan oleh kelalaian pemilik kendaraan. Karena ketika kendaraannya hilang, pemilik kendaraan juga tak ingat menyimpan kunci motornya. Sehingga, diduga kunci motornya masih menggantung di motor ketika pemiliknya bergegas masuk menuju perkantoran.

"Tidak hanya para tamu, banyak pula PNS yang buru-buru meninggalkan sepeda motornya karena mengejar absen atau apel pada pagi hari. Bila kami temukan kuncinya masih menggantung, langsung kami amankan," ungkapnya. 

*Koordinasi*

Ditambahkan, keberadaan pos jaga Satpol PP di lingkungan Pemkot Cimahi bukan untuk mengatur perparkiran. Namun, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) soal penataan parkir.

"Selama ini belum ada penataan parkir di Pemkot Cimahi, sehingga kendaraan yang keluar masuk tidak terpantau. Mereka bebas keluar masuk, dan ketika ada kasus pencurian, baru menyalahkan pemkot, terutama Satpol PP yang dituduh longgar dalam penjagaan," katanya.

Dengan dibuatkan plang khusus tamu dan pegawai, lanjutnya, maka ada pemisahan mana kendaraan pegawai dan mana kendaraan tamu. Ke depan, Deddy berharap perparkiran di kantor Pemkot Cimahi lebih ditata. "Kantor Pemkot Cimahi merupakan area publik, sehingga siapa pun bebas masuk. Meski demikian, tetap harus ada penataan agar mudah dalam melakukan pengawasan," jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya penataan parkir, bukan berarti diberlakukan tarif yang membebani pemilik kendaraan.

No comments:

Post a Comment