Friday 30 August 2013

Penertiban PKL Di Cimahi Di Nilai Kurang Efektip

Penertiban yang kerap dilakukan Pemerintah Kota Cimahi bukan tindakan yang tepat dan efektif untuk mengatasi permasalahan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Cimahi. Buktinya, tidak sedikit PKL yang kembali berjualan setelah penertiban dilakukan. Karena itu, muncul gagasan untuk memfasilitasi PKL sehingga dapat tertata dengan baik.

Gagasan tersebut disampaikan anggota Komisi I DPRD Kota Cimahi, Santosa Anto, Kamis (29/8). Menurutnya, upaya pemkot dalam menertibkan para PKL sejauh ini hanya bersifat konvensional. "Kami dari Komisi I berharap ada langkah yang lebih konkret untuk mengantisipasi menjamurnya PKL yang setiap tahun selalu mengalami peningkatan," katanya.

Menurut Anto, langkah konkret itu yaitu memfasilitasi dengan menyediakan tempat khusus. Cara itu diharapkan Anto bisa meminimalisasi kesemrawutan kota. "Selain itu, dengan menata para PKL di lokasi yang telah disediakan, tentunya dapat memberikan kenyamanan, baik bagi para pedagang maupun terhadap keindahan kota," tuturnya.

Salah satu tempat yang harus dioptimalkan untuk relokasi PKL adalah Pasar Atas Baru (PAB). Namun sayang, katanya, tempat yang dibangun untuk tempat penataan PKL sejak tahun 2008 tersebut belum berfungsi optimal. Artinya harus ada keseriusan dari pemerintah Kota Cimahi dalam menata PKL.

"Kenyataannya masih banyak kios kosong dan belum ada pedagang yang menempatinya. Tapi di sisi lain pengeluaran rutin dibutuhkan untuk biaya perawatan dan operasional gedung," tegasnya.

*Pengkajian*

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Bambang Arie Nugroho mengatakan, Pemkot Cimahi akan melakukan kajian untuk memfasilitasi PKL yang kerap memanfaatkan badan jalan dan trotoar. Hanya saja, katanya, hal tersebut harus mendapat persetujuan dari beberapa pihak, termasuk dinas terkait. "Kami juga berharap para pedagang dapat ikut berperan agar mematuhi aturan," ujarnya.

Sedangkan untuk PAB, Bambang menjelaskan, lambatnya pemanfaatan pasar tersebut karena masih menunggu investor. "Harapan kita juga PKL dapat tertata dengan baik," tambahnya.

No comments:

Post a Comment