Saturday 3 August 2013

PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDAH MOTOR MULAI MEMADATI RUAS JALAN UTAMA

Memasuki H-6 Lebaran 2013, Jumat (2/8), para pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor mulai melintas di Jln. Soekarno-Hatta Bandung. Sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB, diperkirakan ribuan sepeda motor sudah masuk wilayah Bandung untuk meneruskan perjalanan ke arah timur.

Dari pantauan para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai memasuki Kota Bandung dengan menggunakan jalur dari Cimahi dan masuk ke Jalan Raya Cibeureum. Mereka kemudian masuk ke Jln. Rajawali Barat-Elang Raya dan Soekarno-Hatta untuk kemudian keluar ke arah Cibiru.

Para pemudik tampak masih membawa banyak barang di sepeda motornya. Bahkan, banyak sepeda motor yang ditambah bagian belakangnya sebagai penahan barang bawaan. 

Tidak sedikit pula sepeda motor yang dinaiki dua orang dewasa dan dua anak-anak atau dua orang dewasa dan seorang anak-anak. 

Iring-iringan sepeda motor dari arah Cibeureum menuju Cibiru juga didominasi sepeda motor pelat B atau wilayah Jakarta, A wilayah Banten, dan T wilayah Subang atau Purwakarta.

Para pemudik sedikit terhambat di persimpangan Jln. Soekarno-Hatta Pasirkoja, Caringin, Leuwipanjang, Buahbatu, Kiaracondong, dan Margahayu. 

Terminal-terminal bayangan serta lamanya traffic light, menyebabkan antrean kendaraan yang cukup panjang. Kepadatan juga terjadi akibat bercampurnya kendaraan pemudik dengan kendaraan warga Bandung yang beraktivitas.

Polrestabes Bandung mendirikan tiga pos pelayanan (posyan) bagi pemudik. Di posyan itu akan disediakan fasilitas jasa pijat bagi pemudik yang kelelahan. Selain itu, di jalur mudik yang ramai digunakan, yaitu di Jln. Soekarno-Hatta, akan didirikan 25 pos payung yang dijaga enam personel dengan pembagian waktu tiga sif atau satu sif dijaga dua orang. Petugas akan membantu memberikan informasi kepada pemudik, atau bahkan memberi bantuan kepada pemudik jika ada masalah dalam perjalanan.

"Pos payung itu saat arus mudik posisinya berada di kiri jalan atau arah Cibeureum menuju Cibiru. Kalau arus balik, ya arah sebaliknya dengan posisi berada di kanan," kata Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Kompol Rosdiana di Mapolrestabes Bandung, Jln. Jawa.

No comments:

Post a Comment