Monday 19 August 2013

PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN KERETA API NAIK 10%

Jumlah penumpang kereta api selama masa angkutan Lebaran 2013, terutama sejak H-7 hingga H+8 di wilayah Daop 2 Bandung mencapai 904.282 orang. Jumah tersebut meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Akumulasi jumlah penumpang kereta api pada masa angkutan Lebaran tahun ini mencapai 904.282 orang, sedangkan tahun lalu 825.379 orang, artinya ada peningkatan 10 persen," jelas Kepala Humas PTKAI Daop 2 Bandung, Jaka Jarkasih, Minggu (18/8).

Dipaparkan Jaka, saat ini arus balik penumpang kereta api telah kembali normal. Hal tersebut terlihat dari catatan jumlah penumpang beberapa hari terakhir ini yang rata-rata mencapai 40.000 orang. Bahkan pada hari Sabtu (17/8) atau H+8, jumlah penimpang hanya sekitar 34.039 orang.

"Untuk arus balik penumpang minggu ini cenderung normal, tadinya kita perkirakan ada gelombang kedua arus balik yang terjadi pada hari Sabtu maupun Minggu, ternyata kondisinya normal dan tidak ada lonjakan berarti," katanya.

Dikatakannya, masa puncak arus balik sendiri sebenarnya telah terjadi sejak tanggal 10 Agustus atau pada H2+1, di ma na jumlah penumpang pada momen tersebut mencapai 55.583 orang. Sementara untuk masa puncak arus mudik Lebaran penumpang, terjadi pada tanggal 3 Agustus dengan jumlah penumpang 63.171 orang.

"Puncak arus balik terjadi pada tanggal 10 Agustus, karena aktivitas masyarakat sudah mulai aktif pada Senin lalu, sehingga hal itu membuat arus balik pada hari Minggu menjadi terurai," katanya.

Dipaparkannya, saat ini kondisi arus balik penumpang sudah kembali normal. Kendati demikian, arus penumpang yang menuju arah barat maupun timur masih padat. Bahkan sampai tanggal 20 Agustus 2013, perjalanan kereta api sudah full.

"Kalau arus penumpang hingga saat ini masih tinggi, khususnya sampai tanggal 20 Agustus tiketnya sudah habis," katanya.

Jaka pun mengungkapkan, masa angkutan Lebaran telah usai, bahkan hari Minggu ini adalah yang terakhir. Sehingga pihaknya telah melakukan pelepasan 216 Brimob yang melakukan pengawasan dan penjagaan keamanan selama masa angkutan Lebaran kemarin. Tidak hanya itu, pihaknya pun akan segera menghentikan kereta tambahan angkutan Lebaran. Pasa angkutan Lebaran kemarin PT KAI mengeperasikan 5 kereta tambahan di wilayah Daop 2 Bandung.

"Hari ini operasional kereta api tambahan, seperti KA Argo Parahyangan, KA Lodaya Pagi dan Malam serta KA Pasundan Tambahan Lebaran dan KA Kutojaya Selatan yang terakhir," katanya.

No comments:

Post a Comment