Monday 9 September 2013

Warga Resah Karna Banyaknya Pencurian Burung

Maraknya kasus pencurian di Kampung Tangkil RW 07, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, yang kebanyakan pelakunya anak-anak, belum mereda. Setelah heboh pencurian telepon seluler, helm, dan sejumlah uang di kompleks polisi sekitar 2 bulan lalu, kini sasarannya adalah burung.

Kendati bisa digagalkan, usaha percobaan pencurian burung di Kampung Tangkil terjadi pada Kamis (5/9) malam. Pelakunya memang melarikan diri dengan tangan hampa. Namun, kabar percobaan pencurian burung itu sempat menghebohkan warga. Ketika terdengar teriakan maling, warga berhamburan keluar rumah.

Teriakan ternyata datang dari Fajar, warga RW 07 yang memergoki seorang bocah laki-laki hendak mengambil burung di rumahnya. Warga kemudian berusaha mencari pelaku yang melarikan diri.

Fajar memperkirakan pelaku masih duduk di bangku SMP. Ia mengatakan, pelaku terbilang nekat karena sarang burung disimpan di lantai dua dan para penghuni sedang berada di dalam rumah. Untuk mengambil burung, katanya, pelaku menggunakan tangga. 

"Tapi sebelum sangkar diambil, kami lebih dulu memergokinya. Pelaku kabur ke arah Kampung Paniisan. Warga sempat mengejar, tapi tak terkejar karena ia kabur ke gang-gang sempit yang cukup gelap," tuturnya.

Pencurian burung di Kampung Tangkil cukup sering terjadi. Diduga, burung hasil curian dijual kepada penadah. Warga Kampung Tangkil lainnya, Nur Febri (32) mengaku resah dengan banyaknya aksi pencurian yang pelakunya diduga masih anak-anak. 

"Barang yang dicuri memang tak seberapa. Tapi warga di sini sudah banyak yang menjadi korban pencurian. Saya sendiri bulan lalu kehilangan mesin akuarium dan sepasang sandal. Lalu ada juga tetangga yang kehilangan belasan ekor ayam kampung," jelasnya.

Ia berharap, bila benar pelakunya masih anak-anak, pengawasan para orangtua harus lebih ditingkatkan. "Jangan-jangan mereka disuruh oleh orang dewasa. Karena aksinya memang terbilang nekat. Masa sudah tahu rumah banyak penghuninya, tetap saja nekat mencuri burung di lantai dua," tambahnya.

Nur menduga, pelaku pencurian yang sekarang berbeda dengan pelaku pencurian sebelumnya. "Kalau pelaku yang sempat ditangkap di Kompleks Polres Cimahi waktu itu sudah pindah rumahnya. Karena orangtua mereka merupakan pendatang dan mengontrak di sekitar daerah ini," jelasnya.

No comments:

Post a Comment